Penulis Utama : Sri Mekarwati
NIM / NIP : K2309074
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh antara persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru terhadap kemampuan kognitif siswa; (2) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa; (3) Mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X sejumlah 247 siswa dengan sampel salah satu kelas yaitu kelas X3 sejumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data jumlah dan nama siswa kelas X. Teknik angket digunakan untuk mendapatkan data persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan kemandirian belajar. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan analisis teknik regresi linier ganda dengan uji prasyarat hipotesis meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linieritas.

Kesimpulan penelitian bahwa: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dengan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA N 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2013/2014 dengan koefisien korelasi sebesar rhitung = 0,365 > rtabel = 0,361; (2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA N 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2013/2014 dengan koefisien korelasi sebesar rhitung = 0,620 > rtabel = 0,361; (3) Ada pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan kemandirian belajar dengan kemampuan kognitif siswa kelas X SMA N 1 Sambungmacan Sragen tahun ajaran 2013/2014 dengan koefisien korelasi sebesar rhitung = 0,662 > rtabel = 0,361.

Kata kunci : Persepsi Ketrampilan Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, Kemampuan Kognitif

×
Penulis Utama : Sri Mekarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2309074
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Ketrampilan Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2309074-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Edi Wiyono, M.Pd
2. Dwi Teguh R, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.