Penulis Utama : Aprillia Dwi Astuti
NIM / NIP : K3212008
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas membuat karya ilustrasi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 19 Depok dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah VIII-2 SMP Negeri 19 yang berjumlah 40 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui implementasi komponen pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berupa Kontruktivisme, Inquiry, Questioning, Learning Community, Modeling, Reflection, dan Authentic Assesment dapat meningkatkan kreativitas siswa dan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar tersebut diukur dari aspek  kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Pada kondisi awal, pada aspek kognitif dari 40 siswa hanya 5% siswa yang lulus,  pada aspek afektif hanya 2% siswa yang lulus , pada aspek psikomotorik belum ada siswa  yang lulus. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami  peningkatan pada aspek kognitif  40% siswa lulus, pada aspek afektif 47,5% siswa lulus, dan pada aspek psikomotorik 10% siswa lulus. Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar siswa semakin meningkat pada aspek kognitif 100%  siswa lulus, pada aspek afektif 92,5% siswa lulus dan  pada aspek psikomotorik 85% siswa lulus.

Simpulan penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik (kreativitas) membuat karya ilustrasi pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 19 Depok.

Kata kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kreativitas, ilustrasi.

×
Penulis Utama : Aprillia Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212008
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Ilustrasi Pada Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 19 Depok Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3212008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M. Pd
2. Dr. Adam Wahida, M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.