Penulis Utama : Mila Anggar Wati
NIM / NIP : K4212045
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca huruf Jawa menggunakan media kartu kuartet pada siswa kelas VIII B SMP Penda Tawangmangu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas VIII B SMP Penda Tawangmangu. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi teori, riangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi dengan metode, triangulasi instrumen, dan triangulasi analitik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik analisis deskriptif komparatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media kartu kuartet dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca huruf Jawa siswa kelas VIII B SMP Penda Tawangmangu. Persentase motivasi siswa pada pratindakan adalah 14,86%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 54,73%, dan meningkat pada siklus II menjadi 82,43%. Persentase ketuntasan nilai keterampilan membaca dua paragraf berhuruf Jawa siswa pratindakan adalah 29,73%, setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 56,76%, dan meningkat pada siklus II menjadi 86,49%. Pembelajaran membaca huruf Jawa menggunakan media kartu kuartet yang efektif dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) guru membuka pembelajaran; (2) guru menjelaskan materi huruf Jawa, (3) siswa dibentuk menjadi 9 kelompok, (4) guru membagikan kartu kuartet pada setiap kelompok, (5) guru menjelaskan teknis permainan kartu kuartet, (6) siswa memainkan kartu kuartet, (7) guru memberikan latihan soal, (8) guru menyimpulkan pembelajaran, (9) guru mengakhiri pelajaran dengan salam.

Simpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu kuartet dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca huruf Jawa pada siswa kelas VIII B SMP Penda Tawangmangu.

Kata kunci: motivasi, keterampilan membaca huruf Jawa, kartu kuartet.

×
Penulis Utama : Mila Anggar Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212045
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Huruf Jawa Melalui Media Kartu Kuartet pada Siswa Kelas VIII B SMP Penda Tawangmangu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4212045-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.