Penulis Utama : Ridwan Yoga Pradana
NIM / NIP : M3113123
×

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia secara bebas tanpa ada filterisasi. Menurut hasil survei, 82% masyarakat Indonesia lebih menyukai budaya asing dari pada budaya Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan terpengaruhnya masyarakat Indonesia untuk hidup sesuai dengan budaya luar. Jadi, secara tidak langsung budaya Indonesia secara perlahan mulai dilupakan dan tergantikan. Selain itu, di era globalisasi ini kemajuan teknologi membuat sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki smartphone. Hal ini dibuktikan oleh hasil riset dari Google tentang penggunaan smartphone di Asia menunjukkan bahwa di Indonesia penggunaan smartphone mencapai 43%. Hal itu membuktikan bahwa smartphone sangat penting untuk aktivitas sehari-hari.

Dalam perancangan game The Journey of Joko Tingkir ini dilakukan dengan metode analisa kebutuhan sistem, desain, coding dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan untuk melakukan analisa kebutuhan sistem. Metode yang dilakukan untuk pengumpulan data adalah studi literatur. Game ini merupakan game 2D dan memiliki genre Adventure. The Journey of Joko Tingkir ini dibuat menggunakan unity3D berbasis operasi android dengan menggunakan bahasa pemrograman C#.

Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat ikut berpartisipasi pada perkembangan teknologi yang sangat marak saat ini. Selain itu, game ini juga diharapkan dapat membantu melestarikan dan memperkenalkan budaya dan sejarah Indonesia.

Kata kunci: Game, Unity, Cerita Rakyat, Joko Tingkir.

×
Penulis Utama : Ridwan Yoga Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3113123
Tahun : 2016
Judul : Pembuatan Game Android “The Journey of Joko Tingkir” Menggunakan Unity
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M.3113123-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiqurrakhman N.H., S.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.