Penulis Utama : Delima Anggraeni
NIM / NIP : K2310020
×

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Fisika berbasis scientific approach pada materi Alat-alat Optik untuk siswa SMA kelas X yang memenuhi kriteria baik.

Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) berdasarkan pada model Borg dan Gall. Prosedur penelitian pengembangan modul yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketujuh dari sepuluh tahapan yaitu (1) pencarian dan pengumpulkan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft modul, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba utama, dan (7) revisi hasil uji coba utama. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang diperoleh dari angket. Sumber data penelitian terdiri dari validator dan responden. Validator meliputi 2 dosen sebagai ahli, 3 guru sebagai reviewer dan 2 mahasiswa sejawat sebagai peer reviewer. Responden sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 9 siswa dalam uji coba awal dan 30 siswa dalam uji coba utama yang berasal dari tiga sekolah berbeda, yaitu SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar dan SMA Negeri 2 Surakarta. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Syaifuddin Azwar.

Berdasarkan hasil análisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa modul pembelajaran Fisika berbasis scientific approach pada materi Alat-Alat Optik untuk siswa SMA kelas X  yang telah dikembangkan memenuhi kriteria baik pada segi kelayak isi, penyajian, gambar dan kegrafisan.

Kata kunci: Modul Fisika, Scientific Approach, Alat-Alat Optik

×
Penulis Utama : Delima Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310020
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Siswa SMA Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2310020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.