Penulis Utama : Sucipto
NIM / NIP : S501102063
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Konstipasi merupakan sekuele pasca bedah paling sering terjadi pada penderita malformasi anorektal. Tingginya angka konstipasi pasca bedah pada pasien malformasi anorektal letak tinggi mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai hubungan fistula dengan terjadinya konstipasi pasca bedah pada penderita malformasi anorektal letak tinggi di RSUD Dr Moewardi.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara fistula dengan terjadinya konstipasi pasca bedah pada penderita malformasi anorektal letak tinggi.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan case control. Pasien dengan Malformasi anorektal letak tinggi pasca bedah dikelompokan menjadi kelompok dengan konstipasi sebanyak 10 subyek dan tidak konstipasi sebanyak 10 subyek, secara retrospektif dibedakan pasien dengan atau tanpa fistula. Kemudian diuji statistik menggunakan Uji Chi-Square (a = 0,05).
Hasil : Sebagian besar pasien penderita atresia ani letak tinggi dengan jenis kelamin laki-laki (65,0%), sedangkan sisanya dengan jenis kelamin perempuan (35,0%). Dimana terdapat 10 pasein dengan fistula dan 10 pasien tanpa fistula. Gambaran kejadian konstipasi sebagian besar subyek tidak mengalami (75,0%), sedangkan sisanya mengalami konstipasi (25,0%). subyek tanpa fistula yang mengalami konstipasi ada 2 responden (20,0%), sedangkan subyek dengan fistula yang mengalami konstipasi ada 3 responden (30,0%), secara statistik tidak terdapat hubungan yang signifikan antara fistula dengan terjadinya konstipasi pada penderita pasca bedah malformasi anorektal letak tinggi dengan nilai p>0,05.
Simpulan : Tidak ada hubungan antara fistula letak tinggi dengan terjadinya konstipasi pasca bedah pada penderita malformasi anorektal.
Kata Kunci : Fistula, Konstipasi, Malformasi Anorektal letak tinggi.

 

×
Penulis Utama : Sucipto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501102063
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Fistula Malformasi Anorektal Letak Tinggi dengan Terjadinya Konstipasi Pasca Posterior Sagittal Anorektoplasti (PSARP).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascasarjana Progdi.Kedokteran Keluarga-S501102063-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suwardi, dr, Sp.B. Sp.BA.
2. Dr. Untung Alifianto, dr, Sp. BS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.