Penulis Utama : Elly Nur Lalily Eka Puspitasari
NIM / NIP : K2512032
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan(1) pengaruj penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap tingkat kerjasama siswa,(2) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis proyek,  (3) perbedaan penerapan model pembelajaran berbasis proyek jika dibandingkan dengan model pembelajaran secara langsung terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TPM SMK PGRI 1 Surakarta dan Kelas XI TP 2 SMK Murni 1 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XI TPM 1 sebagai kelas kontrol dan kelas TPM 2 sebagai kelas eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. pengumpulan data dengan teknik observasi untuk nilai kerjasama dan tes untuk hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji T.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama,pengaruh lebih baik terhadap kerjasama siswa dengan selisih rata-rata nilai kerjasama 21%. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek jika dibandingkan dengan model pembelajaran secara langsung dengan nilai sig. 0,010 (t.hit= - 2,703< t.0,05= - 2,024).Ketiga, Terdapat perbedaan yang berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Berbasis proyek pada mata pelajaran AutoCAD 2D dengan nilai sig.0,001(t.hit= - 4,254< t.0,05= - 2,042).
Kata Kunci :Model Pembelajaran Berbasis Proyek, kerjasama, hasil belajar


 

×
Penulis Utama : Elly Nur Lalily Eka Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512032
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Tingkat Kerjasama Siswa dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Autocad Kelas XI Teknik Permesinan di SMK PGRI Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kip - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kip Jur.Pendidikan Teknik Mesin-K2512032 -2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Indah Widiastuti S.T., M.Eng
2. Dr.Eng. Nyenyep S.,S.T.,M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.