Penulis Utama : Dwi Cahyaningtyas
NIM / NIP : K7112513
×

Tujuan Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model quantum teaching dengan media visual; dan (2) untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan peneliti. Alat pengumpul data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Validasi hasil penelitian ini menggunakan triangulasi. Prosedur penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penerapan model quantum teaching dengan media visual menggunakan enam langkah pembelajaran, yaitu: (1) tumbuhkan motivasi siswa; (2) alami dengan petualangan di dalam kelas menggunakan media visual papan flanel; (3) namai dengan permainan menggunakan media visual ular tangga; (4) demonstrasikan di depan teman sekelas; (5) ulangi dengan petualangan menggunakan media visual papan flanel; serta (6) rayakan dengan gembira. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan pembelajaran IPS siswa pada kondisi awal 3,85% meningkat menjadi 84,62% (siklus I), 90,39% (siklus II), dan 98,08% (siklus III). Dengan demikian, hasilnya sudah mencapai indikator kinerja penelitian yang ditargetkan yaitu 85%.

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Kutosari tahun ajaran 2015/2016.

 Kata kunci: quantum teaching, media visual, pembelajaran IPS

×
Penulis Utama : Dwi Cahyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112513
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 2 Kutosari Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112513-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd
2. Drs. Triyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.