Penulis Utama : Faizatul Ma’arifah
NIM / NIP : D1513033
×

Salah satu penerimaan negara untuk pembangunan nasional adalah dari sektor pajak. Kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak menentukan keberhasilan pencapaian tujuan negara. Pengamatan yang dilakukan sebagai bahan penulisan Tugas Akhir ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembayaran dan pelaporan pajak melalui e-billing, khususnya Wajib Pajak kurang bayar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pembayaran dan pelaporan pajak melalui e-billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo.

Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumen dan arsip. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis interaktif terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa prosedur pembayaran dan pelaporan pajak secara e-billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo yang terdiri dari pembuatan kode billing, pembayaran pajak melalui e-billing dan pelaporan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama melalui e-billing dapat disimpulkan untuk pelaksanaan prosedur pembayaran dan pelaporan pajak melalui e-billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo sudah cukup baik. Prosedur pelaksanaan e-billing yaitu Wajib Pajak secara mandiri mendaftarkan diri sebagai peserta e-billing, membuat kode billing, melakukan pembayaran di bank/pos persepsi, mesin ATM atau Internet Banking selanjutnya ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo untuk melakukan pelaporan dan Wajib Pajak akan mendapatkan Bukti Penerimaan Surat (BPS) sebagai bukti Wajib Pajak telah melakukan pelaporan. Kendala-kendala dalam e-billing seperti belum banyak Wajib Pajak yang mengetahui tentang e-billing.

Kata Kunci : Prosedur, Pajak, E-Billing

×
Penulis Utama : Faizatul Ma’arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513033
Tahun : 2016
Judul : Prosedur Pembayaran dan Pelaporan Pajak Melalui E-Billing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sakur, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.