Penulis Utama : Arum Bestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M.0411008
Tahun : 2016
Judul : Efek Salep Getah Bonggol Pisang Klutuk (Musa balbisiana Colla.) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit (Mus musculus L.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Sains-M.0411008-2016
Subyek : PISANG KLUTUK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Luka akibat kecelakaan sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga diperlukan perawataan luka yang tepat. Secara tradisional, orang menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya. Salah satu bahan alami adalah getah bonggol pisang klutuk (Musa balbisiana Colla.). Getah bonggol pisang klutuk mengandung flavonoid, saponin dan tanin yang dianggap memiliki kemampuan untuk menyembuhkan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh getah bonggol pisang klutuk terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 kali  ulangan. Getah bonggol pisang klutuk dibuat dalam bentuk sediaan salep dengan berbagai konsentrasi: 0 (kontrol), 15, 20, dan 25%. Salep Betadine® digunakan sebagai kontrol positif. Perlakuan dilakukan dengan mengoleskan salep pada luka mencit dua kali sehari selama 6 hari. Kekeringan luka dan pembentukan keropeng diamati setiap hari serta dilakukan pengukuran panjang luka. Jaringan kulit yang terluka diamati secara histologis pada hari terakhir pengamatan. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANOVA) dan dilanjutkan dengan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa getah bonggol pisang klutuk berpengaruh pada proses penyembuhan luka sayat pada mencit. Getah bonggol pisang klutuk konsentrasi 20 dan 25% mempercepat proses penyembuhan luka secara signifikan, bahkan lebih cepat dari salep Betadine®. Pada hari ke-6, luka sudah kering dan tertutup, keropeng sudah menghilang dan rambut sudah mulai tumbuh. Panjang luka berkurang dari 1,1 cm hingga 0,26 cm. Proses reepitelisasi sudah berlangsung, yang ditunjukkan dengan menebal dan utuhnya lapisan epidermis dan pembentukan jaringan ikat yang kompak. Pada konsentrasi yang lebih rendah, proses ini belum terjadi.

Kata Kunci: Pisang Klutuk (Musa balbisiana Colla.), Getah Bonggol Pisang, Luka Sayat, mencit (Mus musculus L.)

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20161027_211809_1.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Noor Soesanti Handajani, M.Si.
2. Dr. Tetri Widiyani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA