Penulis Utama : Eka Cahya Nirmala
NIM / NIP : K5112024
×

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas metode glenn doman dalam meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak down syndrome kelas V C1 SLB Negri Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian adalah dua anak down syndrome kelas V C1. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian adalah A – B – A.

 Pengumpulan data dilaksanakan dengan instrument tes berjenis matching test/tes menjodohkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan kedua subjek mengalami  peningkatan skor dalam pemahaman lambang bilangan setelah diadakannya intervensi dengan metode glenn doman. Pada fase baseline-1 (A-1) skor mean level yang diperoleh subjek W sebesar 30 (rendah) pada fase intervensi (B) mean level meningkat menjadi 60 (sedang) dan pada fase baseline-2 (A-2) mean level menjadi 85 (tinggi). Sedangkan subjek H pada fase baseline-1 (A-1) skor mean level yang diperoleh subjek W sebesar 50 (rendah) pada fase intervensi (B) mean level meningkat menjadi 70,62 (sedang) dan pada fase baseline-2 (A-2) mean level menjadi 90 (tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Glenn Doman efektif untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak down syndrome kelas V C1 di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata kunci: Metode Glenn Doman, Pemahaman Lambang Bilangan, Anak Down Syndrome

×
Penulis Utama : Eka Cahya Nirmala
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5112024
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Metode Glenn Doman Untuk Meningkatkan Pemahaman Lambang Bilangan Anak Down Syndrome Kelas V C1 Slb Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5112024-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes
2. Priyono, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.