Penulis Utama : Arum Dyah Ripdianti
NIM / NIP : S811408001
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu, Apakah PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Program Unggulan  Colomadu, Apakah PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu.

Metode yang dipakai metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini digunakan untuk menerapkan strategi pembelajaran aktif Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar, pada proses pengembangannya menggunakan Model PTK Kemmis dan Tagart dikenal dengan istilah model spiral. Proses penelitian berbentuk siklus yang terdiri dari serangkaian langkah yang membentuk spiral, yang terdiri dari prencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Setelah siklus selesai diimplementasikan, khususnya sesudah adanya refleksi, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri. Subjek penelitian adalah 29 orang siswa kelas V SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem Based Learning telah diterapkan sesuai sintaks dengan tepat pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Penerapan metode PBL sesuai sintaks meningkatkan motivasi belajar siswa, ditunjukkan hasil tindakan pada siklus I, jumlah siswa dengan motivasi tinggi adalah 20 siswa atau 68.97% meningkat pada siklus II data jumlah siswa dengan motivasi tinggi adalah 23 siswa atau 79.31%. Penerapan PBL pada siklus I berhasil memperbaiki prestasi belajar siswa yaitu, 16 siswa atau 55.17%  dan meningkat pada siklus II terdapat 25 siswa atau 82.76% siswa memperoleh nilai melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Motivasi belajar dan Prestasi Belajar Matemtika

×
Penulis Utama : Arum Dyah Ripdianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811408001
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Teknologi Pendidikan-S.811408001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Mulyoto, M.Pd
2. Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.