Penulis Utama : Kestiana Wati
NIM / NIP : R0212025
×

Latar Belakang : Keluhan iritasi kulit dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab keluhan iritasi kulit yakni higiene personal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh higiene personal terhadap keluhan iritasi kulit pada tenaga kerja industri plastik di CV. Cahya Jaya Sukoharjo.
Metode : Metode penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sasaran penelitian adalah pekerja CV. Cahya Jaya Sukoharjo yang telah diinklusi dan ekslusi sebanyak 55 pekerja, sampel didapatkan dengan teknik purposive sampling yaitu 32 responden. instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioneruntuk mengukur higiene personal dan diagnosis dokter untuk iritasi kulit. Teknik pengolahan dan analisis data bivariat menggunakan uji fisher dengan SPSS versi 17.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh higiene personal terhadap keluhan iritasi kulitdengan nilai p value =0,00
Simpulan : Adapengaruh higiene personal terhadap keluhan iritasi kulit pada tenaga kerja industri plastik di CV. Cahya Jaya Sukoharjo.
Kata Kunci : Higiene Personal, Keluhan Iritasi Kulit, Tenaga Kerja

×
Penulis Utama : Kestiana Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0212025
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Higiene Personal Terhadap Keluhan Iritasi Kulit pada Tenaga Kerja Industri Plastik dI CV. Cahya Jaya Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Sains Terapan-R.0212025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ipop Sjarifah, Dra., M.Si
2. Lusi Ismayenti, S.T., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.