Penulis Utama : Lestiana
NIM / NIP : S851502013
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif teringrasi LKS pada materi geometri; 2) mengetahui bagaimanakah kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif terintegrasi LKS pada materi geometri dilihat dari aspek kevalidan dan kepraktisan; 3) mengetahui manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan media pembelajaran konvensional.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA/MA di Wonogiri. Model Pengembangan mengacu pada ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Angket untuk mengukur respon siswa dan tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif terintegrasi dengan LKS berhasil dikembangkan dengan menggunakan software Lectora Inspire 16 dengan hasil produk dikemas dalam CD dan lembar LKS;  2) kelayakan media pembelajaran dari aspek kevalidan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini telah valid atau layak untuk digunakan dan keterlaksanaan uji coba masuk dalam kriteria baik , serta respon siswa yang masuk dalam kriteria setuju terhadap media pembelajaran yang dikembangkan; 3) Berdasarkan uji hipotesis pada tes prestasi dari kedua populasi dengan menggunakan uji-t diperoleh  hasil bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan penerapan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif terintegrasi dengan LKS lebih baik dari pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: media pembelajaran, multimedia, interaktif, matematika, geometri, software lectora inspire 16

×
Penulis Utama : Lestiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851502013
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Geometri Kelas X SMA/MA Se-Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Matematika-S.851502013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Dewi Retno Sari S., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.