Penulis Utama : Muhamad Mizan Asrori
NIM / NIP : I8613022
×

Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah merancang dan membuat mesin dowel penyerut kayu dari persegi empat menjadi silinder. Pembuatan alat ini berfungsi untuk mengefisienkan waktu dan tenaga agar mempermudah pengrajin kayu untuk menyerut kayu menjadi silinder.
Tahap perancangan dimulai dengan melihat alat penyerut kayu yang sudah ada di pasaran. Tahap selanjutnya adalah perencanaan yaitu meliputi, perancangan gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan Adapun komponen-komponen mesin dowel ini adalah rangka, pulley, poros, pisau pemotong, pillow block, sabuk V, Mur dan baut.
Hasil perancangan Mesin dowel ini memiliki spesifikasi Kayu untuk diserut dengan 10 mm sampai 20 mm dengan panjang maksimal 100 cm. Menggunakan penggerak motor listrik dengan daya 1 HP. Alat penyerut ini dapat menyerut kayu menjadi silindris dengan panjang 100 cm secara merata dalam waktu 1 menit. Rangka yang digunakan menggunakan material ST 37. Berdasarkan hasil perhitungan, rangka yang menahan semua beban aman untuk digunakan.
Kata kunci : Sabuk, pulley,Penyerut kayu

×
Penulis Utama : Muhamad Mizan Asrori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8613022
Tahun : 2016
Judul : Rancang Bangun Mesin Dowel Untuk Pembuatan Kayu Silinder dengan Diameter 10 Sampai 20 mm Untuk Industri Gagang Sapu dan Sangkar Burung (Rangka)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. D III Teknik Mesin Otomotif-I.8613022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwadi Joko Widodo, S.T.,M.T.
2. Dr. Syamsul Hadi, S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.