Penulis Utama : Ferry Ela Aryananda
NIM / NIP : S231408023
×

Berdasarkan data dari Unit Pelayanan Informasi dan Keluhan (UPIK) dan Dinas Perhubungan Yogyakarta diketahui bahwa kinerja juru parkir tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja juru parkir di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan variabel komunikasi interpersonal perspektif humanistik dan komunikasi interpersonal perspektif pragmatis untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kinerja juru parkir. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan variabel motivasi kerja sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua juru parkir di kota Yogyakarta, yang berjumlah 857 orang. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur yang dioperasikan menggunakan SPSS 20.
Pengaruh komunikasi interpersonal perspektif humanistik terhadap kinerja juru parkir sebesar 1,942 dengan rincian pengaruh langsung sebesar 0,986; pengaruh tidak langsung (melalui motivasi kerja) sebesar 0,46; Pengaruh korelasi (melalui komunikasi interpersonal perspektif pragmatis) sebesar 0,497. Sedangkan pengaruh komunikasi interpersonal pragmatis perspektif terhadap kinerja juru parkir sebesar 1,777 dengan rincian pengaruh langsung sebesar 0,672; pengaruh tidak langsung (melalui motivasi kerja) sebesar 0,484; pengaruh korelasi (melalui komunikasi interpersonal perspektif humanistik) sebesar 0,622.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi interpersonal baik dari perspektif humanistik maupun perspektif pragmatis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja petugas parkir.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai, Analisis Jalur.

×
Penulis Utama : Ferry Ela Aryananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231408023
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Dinamika Komunikasi Interpersonal Juru Pungut Parkir Terhadap Kinerja Juru Parkir di Kota Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi)
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Komunikasi-S.231408023-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D
2. Drs. Y. Slamet, M.Sc, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.