Penulis Utama : Kartika Pratama Sari
NIM / NIP : K8412038
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mojolaban yang terdiri dari 36 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data utama pada penelitian ini adalah observasi dan tes, selain itu teknik pengumpulan data pendukung adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif. Hasil pra tindakan menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 64,53, kemudian padaevaluasi siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 76,72 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,56.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Straydapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray, hasil belajar.

×
Penulis Utama : Kartika Pratama Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412038
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi-Antropologi-K.8412038-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ay. DjokoDarmono, M.Pd
2. SianyIndria L, S.Ant,M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.