Penulis Utama : Pungky Dharmawan Wicaksana
NIM / NIP : D1513077
×

Arsip merupakan salah satu pekerjaan kantor yang berupa warkat, surat-surat, dan dokumen/berkas kantor lainnya yang disimpan dan dipelihara untuk membantu kelancaran kegiatan perkantoran dalam rangka mencapai tujuan.Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali merupakan salah satu instansi pemerintahan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan arsip sangat menunjang peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan administrasi Dinas Pendidikan. Pengelolaan arsip yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur kearsipan yang telah ditetapkan, agar arsip dapat memberikan manfaat bagi kegiatan operasional Dinas Pendidikan.Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Administrasi Kearsipanpada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali.

Metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkanadministrasi kearsipan mulai dari surat masuk diterima petugas satpam sampai dengan dimusnahkan yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan bentuk bagan sebagai pendukung dan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan karyawan, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data yang diperoleh berdasarkan informan dan dokumen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif yaitu dalam bentuk proses pengumpulan data selama kegiatan pengumpulan data berlangsung.

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali, diketahui bahwa adminitrasi kersipan mengenaisurat masuk: surat diterima satpam, diberikan ke subbag umum dan kepegawaian untuk diproses, diberikan kepala dinas dan sekretaris untuk ditindaklanjuti, dimasukan buku agenda, diedarkanke bidang/subbgaian, surat terima staff dan dimasukan buku agenda milik bidang/subbagian, diserahkan kepala bidang/kepala subbagian, dikembalikan ke staff untuk diarsipkan. Untuk pengurusan surat keluar: kepala bidang/kepala subbagian memuat konsep surat, surat diketik staff, dimintakan paraf kebid/kasubbag, dimintakan tandatangan kepala dinas, dimintakan nomor dan cap di subbag umum dan kepegawaian. Administrasi kearsipan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali sudah berjalan dengan baik dan penulis tidak menemukan ada kendala dalam pengurusan surat masuk dan surat keluar.

Kata kunci: Administrasi, Arsip, dan Administrasi Kearsipan

×
Penulis Utama : Pungky Dharmawan Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513077
Tahun : 2016
Judul : Administrasi Kearsipan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513077-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Martini S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.