Penulis Utama : Gesit Dwi Rahmadi
NIM / NIP : D1413035
×

ABSTRAK

Komunikasi adalah salah satu hal yang pokok dalam kita hidup dalam bermasyarakat. Semakin berkembangnya era globalisasi memunculkan keingin tahuan akan informasi menjadi lebih besar. Media televisi diciptakan dengan kemampuan memberikan informasi dengan Audio Visual. Hadirnya televisi lokal meskipun dengan kualitas secara umum kalah dengan televisi nasional, namun berbagai macam progam yang diproduksi oleh televisi lokal ternyata memiliki nilia lebih tersendiri bagi masyarkat. ADi TV sebagai televisi lokal mampu menjadi yang terbaik.
ADi TV merupakan TV lokal di Jogja yang berbasis TV pendidikan dan Islam, meskipun tidak semua siarannya tentang pendidikan dan agama. Editor adalah salah satu bidang yang ada dalam pembentukan struktur organisasi pertelevisian. Promo dibuat untuk membuat progam acara semakin dikenal oleh pemirsanya.Editor Promo progam dituntut untuk kreativitas. Kuliah Kerja Media dilaksanakan pada tanggal 15 Febuari –15 April 2016 di PT. Arah Dunia Televisi (ADI TV) Yogyakarta.
Pada Kuliah Kerja Media di divisi editor ADI TV ini, penulis mendapat tugas untuk menjadi editor promo progam yang membuat promo progam baik acara reguler maupun transisi. Dalam proses editing Promo Progam, penulis dituntut sangat kreatif karena minimnya fasilitas di ADi TV. Penulis banyak melakukan editing seperti penambahan musik backsound, editing cutting gambar, dan penambahan grafis seperti pemberian waktu penayangan.
Selama Kuliah Kerja Media penulis penulis mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya mungkin agak berbeda dari penjelasan di perkuliahan. Mulai dari memindahkan data, lalu mensortir data, meng-convert format video, sampai mengedit promo progam acara –acara ADi TV dan membuat grafis promo untuk promo progam. Sebagai seorang editor, penulis banyak belajar tentang teknik-teknik editing dan SOP (Standar Operational Procedure) untuk seorang editor yang benar. Saran-saran juga diberikan penulis kepada Instansi dan Kampus. Saran untuk ADI TV, sebaiknya lebih ditambah lagi fasilitas yang memadai agar kualitas progam dan kinerja juga bagus. Saran bagi Program Studi D III Komunikasi Terapan FISIP UNS Dalam mata kuliah editing sebaiknya dalam prakteknya lebih diperdalam dengan kampus menyediakan fasilitas lab. Komputer yang memadai sesuia jumlah mahasiswa dan sesuai dengan spesifikasi komputer yang pas untuk editing.


Kata kunci : televisi, editor, adi, uns, promo progam

×
Penulis Utama : Gesit Dwi Rahmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413035
Tahun : 2016
Judul : Laporan Kuliah Kerja Media Peran Editor Promo Progam Di PT. Arah Dunia Televisi (Adi Tv)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Komunikasi Terapan - D1413035 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.