Penulis Utama : Ratna Nugraheni
NIM / NIP : K7112192
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model pembelajaran VAK dengan media konkret, (2) meningkatkan keterampilan bermain alat musik melodis, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran VAK dengan media konkret.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tanuharjo yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif  dan kualitatif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran VAK dengan media konkret, yaitu: (a) persiapan dengan media konkret, (b) penyampaian dengan media konkret, (c) pelatihan dengan media konkret, dan (d) penampilan hasil dengan media konkret. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi terhadap guru mencapai 83,5% pada siklus I, pada siklus II 89,75%, dan siklus III 96%, sedangkan respon siswa pada siklus I mencapai 83,75%, pada siklus II 89,75%, dan siklus III 91,5%; (2) penggunaan model pembelajaran VAK dengan media konkret dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik melodis yang dapat dilihat dari persentase keterampilan siswa pada siklus I mencapai 80,3%, siklus II 88,52%, dan siklus III 89,63%; (3) kendala yang muncul dalam pembelajaran, yaitu sebagian besar siswa kurang aktif dan siswa belum  bisa mempraktikkan penjarian pada pianika dengan benar, solusi yang diterapkan peneliti antara lain guru memotivasi siswa untuk tidak malu dalam bertanya serta memberikan reward kepada siswa yang aktif dan guru memotivasi siswa untuk terus berlatih penjarian di sekolah maupun di rumah.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran VAK dengan media konkret yang dilaksanakan sesuai dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik melodis pada siswa kelas IV SD Negeri Tanuharjo tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci : VAK, media konkret, alat musik melodis

×
Penulis Utama : Ratna Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112192
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Alat Musik Melodis pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanuharjo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112192-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd
2. Drs. Joharman, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.