Penulis Utama : Lusi Eka Wati
NIM / NIP : D1613050
×

Kuliah Kerja Media (KKM) di Pemerintah kota Surakarta dilakukan untuk mengetahui praktik dan peran humas dalam membangun hubungan baik dengan media di pemerintah kota Surakarta khusus nya di bagian Humas dan Protokol melalui kegiatan-kegiatan humas. Kuliah Kerja Media (KKM) dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari tanggal 22 Februari hingga tanggal 22 April 2016.
Public relations merupakan suatu kegiatan untuk menanamkan dan memperoleh pengertian, goodwill, kepercayaan, penghargaan dari publik sesuatu badan khususnya dan masyarakat umumnya. Dalam kegiatan nya humas sangat membutuhkan media sebagai alat perantara penyampaian pesan kepada masyarakat. salah satu peran humas yakni mampu menjalin hubungan personal yang kokoh dengan pers.
Di Pemerintah Kota Surakarta bagian Humas dan Protokol di pimpin atau dikepalai oleh Kabag Humas dan Protokol kemudian dibawahi oleh Kasubbag analisis dan kemitraan media, kasubbag dokumentasi dan publikasi serta kasubbag protokol.
Selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) adapun kegiatan yang dilaksanakan seperti mengkliping berita, kemudian mengulas berita yang pada intinya menjelaskan kembali berita tersebut secara singkat dan jelas misalnya dari bidang pemerintahan, Dishubkominfo, pembangunan, pendidikan dan pasar, Selanjutnya menganalisis berita, meng agendakan surat dinas masuk undangan dan surat keluar, mengikuti kegiatan humas dalam acara nara sumber dialog interaktif di radio maupun televisi (Metta FM dan TATV), serta mengikuti kegiatan di bagian protokol misalnya liputan berita maupun penerimaan kunjungan kerja di pemerintah kota Surakarta.
Dapat disimpulkan bahwa peran humas Pemerintah Kota Surakarta tak lepas dari peran media dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan nya, sehingga humas harus mampu menjalin hubungan baik dengan pers untuk menciptakan kerja sama serta memperoleh citra yang positif bagi institusinya dan masyarakat.
Adapun saran yang diberikan untuk institusi yakni Lebih efektif lagi dalam memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM). Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret yakni Agar Prodi D3 Humas lebih banyak lagi mengadakan kunjungan kerja media baik di perusahaan maupun lembaga, sebab Humas sangatlah berkaitan erat dengan media dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya.
Kata Kunci: Kuliah Kerja media, Humas

×
Penulis Utama : Lusi Eka Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1613050
Tahun : 2016
Judul : Peran Humas Pemerintah Kota Surakarta dalam Membangun Hubungan dengan Media Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1613050-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://0
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson, M.Si
2. 0
3. 0
4. 0
5. 0
Penguji :
Catatan Umum : 0
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.