Penulis Utama : Lovita Lailly Rahmasari
NIM / NIP : K7112133
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan melalui penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret, dan (3) menemukan kendala dan solusi dari penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah yang tepat yaitu: (a) penjelasan konsep menggunakan media konkret, (b) pembentukan kelompok, (c) pembagian soal dan media konkret, (d) patner mengerjakan soal menggunakan media konkret, (e) pelatih mengecek jawaban beserta media konkret, (f) pemberian kupon untuk yang menjawab benar, (g) pelatih dan patner bertukar peran, (h) pelatih dan patner kembali ke tim awal, (i) pemberian reward. (2) Penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016. Persentase ketuntasan pada siklus I = 76,31%, pada siklus II = 86,40% dan pada siklus III = 92,10%, (3) Kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) guru kurang memperhatikan siswa yang mendapat kesulitan, (b) guru kurang membimbing siswa menjalankan tugas, adapun solusinya adalah: (a) guru lebih memperhatikan siswa yang mendapat kesulitan, (b) guru lebih membimbing siswa dalam menjalankan tugas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Jlegiwinangun tahun ajaran 2015/2016.


Kata kunci : Pair Check, Media Konkret,Pecahan

×
Penulis Utama : Lovita Lailly Rahmasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112133
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Pair Check Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jlegiwinangun Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7112133 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.