Penulis Utama : Dhyta Dwi Astuti
NIM / NIP : D1613016
×

ABSTRAK

Pertumbuhan bisnis dikota Solo semakin hari senantiasa semakin menunjukkan pertumbuhannya pada segala bidang, terutama pada bidang usaha ritel. Bisnis Ritel sendiri secara umum adalah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa untuk konsumsi langsung atau tidak langsung. Bisnis Ritel di Indonesia secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu, ritel modern dan ritel tradisional. Dengan perkembangan minat konsumen yang selalu mengininkan hal-hal baru maka para pengusaha ritel seolah-olah terangsang untuk berlomba-lomba untuk menyajikan pusat perbelanjaan modern yang lebih akrab disapa mall untuk menyediakan kebutuhan konsumen serta memberikan tempat hiburan dan rekreasi. Disinilah kemudian peran seorang Public Relations bekerja, Public Relations adalah profesi yang
mengurusi hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya yang menentukan hidup perusahaan itu (Widjaja,2001).
Public Relations diartikan sebagai proses komunikasi dua arah yang bertujuan untuk mencapai opini publik sesuai dengan keinginan perusahaan/organisasi, terciptanya kepercayaan di masyarakat, adanya saling pengertian antara perusahaan/organisasi dengan publiknya, menumbuhkan citra positif di masyarakat, menciptakan partisipasi publik, dan lain-lain.
Selama melaksanakan proses kerja magang, penulis ditempatkan pada salah satu posisi di dalam divisi Marketing Communications, yaitu sebagai Public Relations. Selama kegiatan magang, penulis memiliki tugas rutin yaitu media monitoring, baik media cetak maupun online. Selain itu, penulis diberikan berbagai tugas lain yang berhubungan dengan bidang pekerjaan Public Relations, diantaranya weekly meeting, media monitoring, tenant relations, media relations, CSR (Corporate Social Responsibility), press release, event controlling, membuat monthly report, membuat memo internal, merencanakan, mendistribusikan dan membuat laporan priority gift dan membuat artikel dan surat penawaran promosi untuk Paragon magazine.
Public Relations merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Peran serta seorang praktisi Public Relations akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai kesuksesannya baik dalam keutungan moril maupun materil. Tetapi yang perlu disadari adalah sebelum sebuah
perusahaan mendapakan keuntungan secara materil, perusahaan tersebut harus memiliki citra yang baik dimata publiknya sehingga mendapatkan kepercayaan dari publiknya yang kemudian kepercayaan itulah yang akan membuat public memberikan loyalitas terhadap perusahaan.

Kata Kunci : weekly meeting, media monitoring, tenant relations, media relations, CSR (Corporate Social Responsibility), press release, event controlling, membuat monthly report.

×
Penulis Utama : Dhyta Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1613016
Tahun : 2016
Judul : Kegiatan Public Relations Di Solo Paragon Lifestyle Mall
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Prog. Diploma III Komunikasi Terapan - D1613016 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.