Penulis Utama : Ari Wulandari
NIM / NIP : K2309009
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model invitation into inquiry pada materi pokok elastisitas.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I diawali dengan tahap persiapan, dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan pada siklus II juga demikian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016 sebanyak 28 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.

Dari hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model invitation into inquiry dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta pada materi pokok Elastisitas. Selanjutnya pencapaian hasil tes kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan 50% pada siklus I dan 89,29% pada siklus II.

Kata Kunci : model invitation into inquiry, kemampuan kognitif, elastisitas

×
Penulis Utama : Ari Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2309009
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Invitation Into Inquiry dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta pada Materi Pokok Elastisitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2309009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rini Budiharti, M. Pd.,
2. Drs. Pujayanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.