Penulis Utama : Imam Nur Haryanto
NIM / NIP : F0312063
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keluasan pengungkapan informasi modal sosial dalam laporan tahunan yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, umur perusahaan, kompleksitas perusahaan, profitabilitas, cakupan operasional perusahaan, dan tipe industri) sebagai variabel independen, terhadap pengungkapan modal sosial sebagai variabel dependen.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014. Sampel dipilih dengan menggunakan metode cluster sampling. Pengungkapan modal sosial diukur dengan menggunakan skor pengungkapan dan sebanyak 6 hipotesis diuji dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa rata-rata pengungkapan modal sosial bagi perusahaan yang terdaftar di BEI hanya sebesar 36,02%. Ukuran perusahaan dan kompleksitas perusahaan merupakan variabel yang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat keluasan pengungkapan modal sosial. Implikasinya, perusahaan-perusahaan dengan ukuran perusahaan yang besar dan kegiatan usaha yang kompleks sebaiknya lebih didorong untuk meningkatkan pengungkapan modal sosialnya karena informasi mengenai modal sosial dapat menjadi dasar pertimbangan bagi para calon investor maupun kreditor sebagai dasar pengambilan keputusan dan meningkatkan tingkat kepercayaan bagi para pemangku kepentingan yang terlibat dalam perusahaan.

Kata kunci: Pengungkapan Modal Sosial, Modal Sosial, Teori Organisasi, Karakteristik Perusahaan, Laporan Tahunan, Bursa Efek Indonesia

×
Penulis Utama : Imam Nur Haryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0312063
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Modal Sosial Studi pada Perusahaan Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F.0312063-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com. (Hons), Ph.D., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.