Penulis Utama : Lilies Setiartiti
NIM / NIP : T431108019
×

Momentum krisis energi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menata kembali kebijakan yang mendukung efisiensi penggunaan energi, jika tidak maka defisit energi akan terus berlanjut dan membahayakan aktivitas ekonomi. Penelitian ini mengambil Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai studi kasus untuk menjawab tiga hal yaitu, perkirakan permintaan energi, dominasi penggunaan energi, dan efisiensi penggunaan energi. Permintaan energi dimodelkan dengan pendekatan intensitas untuk menghitung jumlah energi yang digunakan per unit aktivitas. Model LEAP digunakan untuk mengetahui tren permintaan energi, dan struktur energi selama rentang waktu 2014-2030 dengan menggunakan skenario yang berbeda, yaitu skenario Business As Usual (BAU), Moderat (MOD), dan Optimis (OPT).

Hasil penelitian menunjukkan; pertama, permintaan energi di DIY tumbuh rata-rata sebesar 7,63% per tahun dan permintaan energi akhir keseluruhan sebesar 9,848.17 ribu SBM di tahun 2030. Sementara itu, permintaan energi tumbuh rata-rata 5,6% per tahun dan permintaan energy akhir keseluruhan mencapai 1,683,091.24 ribu SBM di Provinsi Jawa Tengah. Kedua, sektor transportasi dan rumah tangga merupakan konsumen terbesar pertama dan kedua sedangkan premium dan listrik mendominasi penggunaan energi di kedua provinsi. Ketiga, berdasarkan skenario MOD dan OPT penggunaan energi di provinsi Provinsi Jawa Tengah mencapai efisiensi lebih awal dibandingkan dengan DIY, yaitu pada tahun 2021 dan tahun 2017, sementara DIY efisiensi energi tercapai pada tahun 2024 dan tahun 2019. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan informasi yang penting bagi kedua wilayah dalam bidang energi di masa depan dan merupakan panduan bagi para pembuat kebijakan dalam menyusun kebijakan energi.

Kata Kunci : LEAP, Jawa Tengah, Yogyakarta, Efisiensi Energi, Skenario

×
Penulis Utama : Lilies Setiartiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T431108019
Tahun : 20
Judul : Analisis Skenario Permintaan Energi di Provinsi Jawa Tengah dan Diy dengan Pendekatan Leap (Long Range Energy Alternative Planning)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 20
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Ekonomi-T.431108019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Dr. Lukman Hakim, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.