Penulis Utama : Umi Latifah
NIM / NIP : K3111066
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok teknik diskusi metode Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan bekerjasma peserta didik kelas V SD Negeri 04 Asemdoyong Taman Pemalang tahun pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Nonequivalent Pretest-PosttestControl Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS Statistic 20.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,001<0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment berupa teknik numbered heads togehter. Hasil dari uji tersebut didukung dengan Uji Wilcoxon, diperoleh hasil dari Uji Wilcoxon adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,001<0,05. Jadi, terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai postest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa teknik numbered heads together.

Simpulan penelitian ini adalah teknik diskusi metode numbered heads together efektif untuk meningkatkan keterampilan bekerjasama pada peserta didik kelas V SD Negeri 04 Asemdoyong Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata kunci : Bimbingan kelompok teknik diskusi metode numbered heads together, keterampilan bekerjasama

×
Penulis Utama : Umi Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111066
Tahun : 2016
Judul : Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Metode Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bekerjasama
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K.3111066-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah HA, M.Pd
2. Drs. Mudaris Muslim, M.Psi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.