Penulis Utama : Yoga Rizha Perdana
NIM / NIP : K7412191
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui (1) ada dan tidaknya korelasi antara kompetensi guru dalam pembelajaran dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen, (2) ada dan tidaknya korelasi antara ketersediaan sumber belajar siswa dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen, (3) ada dan tidaknya korelasi antara kompetensi guru dalam pembelajaaran dan ketersediaan sumber belajar siswa dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi KejuruanMenangani Surat dan Dokumen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Muhammaadiyah 1 Sragen yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 85 siswa. Sampel yang diambil adalah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi ganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Tidak ada korelasi yang signifikan antara kompetensi guru dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,132 dengan nilai signifikansi 0,275 (p > 0,05). 2) Tidak ada korelasi yang signifikan antara ketersediaan sumber belajar dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen. Hal ini ditunjukkan dengan harga koefisien korelasi sebesar -0,125 dengan nilai signifikansi 0,304 (p > 0,05). 3) Tidak ada korelasi yang signifikan antara kompetensi guru dan ketersediaan sumber belajar dengan minat belajar siswa kelas X Administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung 1,325 dengan nilai probabilitas (sig)=0,273. Nilai Fhitung (1,325)0,05. Sumbangan relatif kompetensi guru (X1) dan sumber belajar (X2) terhadap minat belajar (Y) sebesar 3,8%. Sumbangan efektif kompetensi guru (X1) terhadap minat belajar (Y) sebesar 1,7%. Sumbangan efektif Sumber belajar (X2) terhadap minat belajar (Y) sebesar 1,6%.

Kata Kunci: kompetensi guru, sumber belajar, dan minat belajar.

×
Penulis Utama : Yoga Rizha Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412191
Tahun : 2016
Judul : Korelasi Antara Kompetensi Guru dalam Pembelajaran dan Ketersediaan Sumber Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Sragen pada Kompetensi Kejuruan Menangani Surat dan Dokumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7412191-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Santoso Th, M.Pd
2. Dr. C. Dyah S. Indrawati., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.