Penulis Utama : Mutalif Imam Suseno
NIM / NIP : I1114064
×

Semakin bertambahnya jumlah penduduk maka semakin banyak rumah-rumah baru yang akan dibangun terutama di kota-kota besar, hal ini yang menjadi dasar bagi developer untuk mengembangkan bisnis perumahan ini. Tujuan mengoptimalkan keuntungan biasanya dihubungkan dengan skala waktu jangka pendek, yaitu bagaimana mendayagunakan kapasitas dari suatu perusahaan yang telah tersedia saat ini seoptimal mungkin.

 

Penelitian ini merupakan studi kelayakan investasi perumahan dengan metode Net Present Value (NPV), Annual Equivalen (AE), Internal Rate of Return (IRR), Benefit Cost Ratio (B/C), dan Analisis Sensitivitas dan analisis optimalisasi komposisi jumlah unit rumah. Evaluasi ini membahas beberapa aspek yaitu perhitungan harga jual minimum rumah, aspek analisis kelayakan investasi dengan metode :, dan optimalisasi dengan metode simpleks menggunakan program Quantitative System for Busines (QSB).

 

Perumahan Tirtasani Residence yang terletak di Jl.Solo-Tawangmangu Km.11,5 Jati, Jaten, Karanganyar menawarkan hunian rumah sebanyak 121 unit rumah yang terdiri dari 90 unit rumah tipe 50/120, 26 unit rumah tipe 70/150 dan 5 unit rumah tipe 90/225. Analisis investasi pada nilai sekarang menunjukan nilai NPV sebesar Rp 20.287.913.040,-.Tujuan optimalisasi ini untuk mengetahui apakah komposisi jumlah unit rumah yang dibangun pada perumahan Tirtasani Residence dapat memberikan keuntungan lebih berdasarkan permintaan pasar. Penelitian ini menghasilkan jumlah komposisi optimum untuk rumah tipe 50/120 sebanyak 58 unit, tipe 70/150 sebanyak 53 unit dan tipe 90/225 sebanyak 4 unit. Analisis investasi berdasarkan komposisi hasil optimalisasi tersebut menghasilkan nilai NPV sebesar Rp 21.717.783.000,-, dengan demikian komposisi hasil optimalisasi memberikan NPV yang lebih baik.

Kata kunci: Harga jual minimum, kelayakan investasi, optimalisasi, QSB.

×
Penulis Utama : Mutalif Imam Suseno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114064
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kelayakan Investasi dan Optimalisasi Komposisi Jumlah Tipe Rumah Untuk Mendapatkan Keuntungan Optimum pada Perumahan Tirtasani Residence Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.1114064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fajar Sri Handayani, ST, MT
2. Setiono, ST, MSc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.