Penulis Utama : Aisa Mayang Purnamasari
NIM / NIP : K5408001
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat sosial dan ekonomi rumah tangga di permukiman sekitar Pasar, Terminal, dan Stasiun Gemolong.; (2) kualitas permukiman sekitar Pasar, Terminal, dan Stasiun Gemolong; dan (3) hubungan tingkat sosial dan ekonomi rumah tangga dengan kualitas permukiman sekitar Pasar, Terminal, dan Stasiun Gemolong.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Kelurahan Gemolong dan Kelurahan Kwangen. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cluster random sampling, sejumlah 60 responden terbagi 3 di obyek penelitian yaitu Pasar Gemolong, Terminal Gemolong, dan Stasiun Salam Kecamatan Gemolong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi lapangan, angket, dan interpretasi citra. Analisis data menggunakan uji analisis korelasi.
Hasil penelitian diperoleh: (1) tingkat sosial ekonomi rumah tangga di permukiman sekitar pasar, terminal, dan stasiun diketahui Mo=10, Mo=13 dan Mo=11 pada kategori (22-33), (2) kualitas permukiman sekitar Pasar Y=30, Terminal Y=33, dan Stasiun Gemolong Y=32 (3) hubungan tingkat sosial dan ekonomi rumah tangga dengan kualitas permukiman diketahui n=60 dengan taraf signifikan 5% diperoleh
rYX1
>
rtabel
atau 0,256571216 > 0,254.
Hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa (1) tingkat sosial ekonomi rumah tangga di permukiman sekitar pasar, terminal, dan stasiun termasuk sedang; (2) kualitas permukiman sekitar pasar termasuk tinggi, sedangkan di sekitar terminal, dan stasiun Gemolong termasuk sedang. (3) terdapat hubungan antara tingkat sosial ekonomi penduduk terhadap kualitas permukiman disekitar terminal, pasar, dan stasiun.
Kata Kunci: Sosial, Ekonomi, Permukiman

×
Penulis Utama : Aisa Mayang Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5408001
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi Rumah Tangga Terhadap Kualitas Permukiman di Sekitar Pasar, Terminal, dan Stasiun Gemolong Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2013 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XII Kompetensi Dasar Menganalisis Pola Persebaran dan Interaksi Spasial Antara Desa dan Kota)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5408001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rita Noviani, S.Si, M.Sc.
2. Pipit Wijayanti, S.Si, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.