Penulis Utama : Choirulina Eka Kartika Putri
NIM / NIP : K7412042
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan media kartu pintar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di SMK N 1 Banyudono tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan dokumen-dokumen lain yang diperlukan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Keaktifan siswa diamati melalui observasi dengan lima indikator yaitu visual activities, oral activities, listening activities, writting activities, dan mental activities (Hanafiah dan Suhana, 2010 : 24), pengamatan dibantu oleh independen observer. Prestasi belajar diukur melalui tes untuk mengukur tingkat kognitif siswa. Validitas data menggunakan validitas isi pada uji validitas tes dan independen observer. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui penggunaan media kartu pintar pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Peningkatan keaktifan terjadi pada siklus I sebesar 62,58% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,84%. Sedangkan dari prestasi belajar mengalami peningkatan pada pra siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 45,17% meningkat pada siklus I sebesar 80,65% dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 96,77%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunaan media kartu pintar dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X AK 2 SMK Negeri 1 Banyudono.
Kata Kunci: media kartu pintar, keaktifan, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Choirulina Eka Kartika Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412042
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Melalui Media Kartu Pintar di SMK N 1 Banyudono Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi BKK Akuntansi-K.7412042-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, MM.
2. Elvia Ivada, S.E., Msi., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.