Penulis Utama : Muhammad Yusuf Alfian
NIM / NIP : K4612108
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola dengan model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) pada peserta didik kelas X TKR D SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2015 / 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dengan rincian tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKR D yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari peserta didik putra. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan kolaborator. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase.
Hasil belajar bermain sepakbola pada siklus I pertemuan kesatu yang tergolong dalam kategori tuntas adalah 58.33% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 21 peserta didik sedangkan hasil belajar bermain sepakbola siklus I pertemuan kedua yang tergolong dalam kategori tuntas adalah 69.44% dengan jumlah peserta didik yang tuntas 25 orang. Pada siklus II pertemuan kesatu terjadi peningkatan presentase hasil belajar bermain sepakbola peserta didik dalam kategori tuntas sebesar 77.78% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 28 peserta didik sedangkan hasil belajar bermain sepakbola pada siklus II pertemuan kedua adalah sebesar 88.89% dengan jumlah peserta didik yang tuntas adalah 32 peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis penelitian diatas diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) dapat meningkatkan hasil belajar bermain sepakbola dibuktikan dengan tercapainya target sebesar 80% oleh peserta didik kelas X TKR D SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bermain Sepakbola, Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU)

×
Penulis Utama : Muhammad Yusuf Alfian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612108
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran TGfU (Teaching Games for Understanding) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Sepakbola pada Peserta Didik Kelas X TKR D SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612108-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sunardi, M.Kes.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.