Penulis Utama : Shinta Dewi Gitasari
NIM / NIP : K7412161
×

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan Online Accounting yang valid dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan program keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan mengacu pada design and development research menurut Borg & Gall yang meliputi delapan tahap pengembangan yaitu : (1) reseacrh and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing. Proses validasi dilakukan menggunakan validasi internal dan validasi eksternal. Untuk validasi internal dilakukan terhadap komponen pembelajaran online yang melibatkan 2 ahli materi, 2 ahli media, dan 1 orang praktisi yaitu guru mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan sedangkan validasi eksternal dilakukan dengan uji kelayakan pembelajaran online yang melibatkan siswa kelas X program keahlian akuntansi. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X program keahlian akuntansi. Data dikumpulkan melalui angket, lembar validasi, nilai pre test dan nilai post test siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Online Accounting pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan telah dinyatakan valid dan layak digunakan oleh siswa, (2) Online Accounting yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan yang terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa sebesar 36,03 poin (dari 45,01 menjadi 81,04).
Simpulan penelitian ini adalah Online Accounting pada mata pelajaran Dasar-Dasar Perbankan yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi kelas X di SMK Negeri 6 Surakarta.
Kata kunci : research and development, online accounting, dasar-dasar perbankan

×
Penulis Utama : Shinta Dewi Gitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412161
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Online Accounting Menggunakan E-Front pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7412161-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat.
2. Nurhasan Hamidi, S.E, M.Sc, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.