Penulis Utama : Ai Sriwenda Rahman
NIM / NIP : S831308003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil tiap tahapan pengembangan modul berbasis POE siswa kelas XI SMK pada materi koloid yang mengacu pada siklus R&D Borg and Gall, (2) kualitas modul kimia berbasis POE siswa kelas XI SMK pada materi koloid, (3) efektivitas modul kimia berbasis POE siswa kelas XI SMK pada materi koloid.
Penelitian dan pengembangan modul berbasis POE menggunakan prosedur R & D yang dilaksanakan 9 tahapan yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba pelaksanaan lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba pelaksanaan lapangan, (9) penyempurnaan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul berbasis POE pada materi koloid telah dilakukan berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan R&D yang terdiri dari 9 tahapan, (2) modul berbasis POE memiliki kualitas yang sangat baik pada aspek komponen kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafisan dengan persentase penilaian siswa sebesar 88,2% dan persentase penilaian guru sebesar 91,9%. (3) Hasil uji efektivitas pada aspek pengetahuan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rerata prestasi lebih tinggi dibanding kelas baseline. Berdasarkan temuan di lapangan siswa yang diberi modul berbasis POE lebih antusias untuk belajar. Dengan bantuan modul siswa dapat membangun konsep pada materi koloid berdasarkan tahap-tahap pada model pembelajaran POE, konsep-konsep yang telah dibangun akan tersimpan, sehingga pada saat mengerjakan soal siswa dengan mudah menggunakan konsep yang telah dimiliki.
Kata kunci: Modul, POE, Koloid, Efektivitas

×
Penulis Utama : Ai Sriwenda Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308003
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Modul Kimia SMK Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Pada Materi Koloid
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Studi Magister Pendidikan Sains-S.831308003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Prof. Drs. Sentot Budi R, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.