Penulis Utama : An Nur Ami Widodo
NIM / NIP : S851102003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan spasial rendah, sedang dan tinggi dalam menyelesaikan soal Kesebangunan berdasarkan prosedur Newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada kemampuan spasial siswa, yaitu kemampuan spasial tinggi, sedang dan rendah serta kelancaran berkomunikasi baik lisan maupun tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Paguyangan yang terdiri dari 6 subjek yaitu dua subjek dengan kemampuan spasial rendah, dua subjek dengan kemampuan spasial sedang, dan dua subjek dengan kemampuan spasial tinggi. Data penelitian ini berupa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi kesebangunan, dengan data pekerjaan subjek dan wawancara. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sebagai sumber utama, tes tertulis dan pedoman wawancara sebagai instrumen bantu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan berdasarkan indikator analisis kesalahan Newman.
Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan awal spasial rendah yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi, proses penyelesaian, dan kesalahan menentukan jawaban akhir. Pertama, pada kesalahan membaca subjek mengalami kesalahan dalam membaca symbol yaitu symbol sejajar (//) dibaca atau, tidak tahu makna tanda panah sejajar (??) dan sama dengan (=), tidak dapat menjelaskan informasi secara lengkap dan tidak mengetahui kata kunci yang terdapat pada soal, terjadinya kesalahan ini dikarenakan subjek tidak memahami konsep. Kedua, pada kesalahan memahami subjek tidak dapat menjelaskan secara lengkap apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal tersebut. Ketiga, pada kesalahan transformasi subjek mengalami kesalahan dalam membuat perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian untuk mencari tinggi tiang bendera dan panjang tali beserta langkah-langkah penyelesaian. Keempat, pada kesalahan proses penyelesaian subjek mengalami kesalahan saat melakukan proses operasi hitung, selain itu dalam menuliskan jawaban tidak sesuai konsep yang benar, langsung memasukkan angka yang ada pada soal tanpa mencermati formula dan satuan yang benar, hal ini menjadikan proses yang dituliskannya salah dan berakibat pada jawaban yang juga salah. Kelima, pada kesalahan menentukan jawaban akhir subjek tidak memberikan kesimpulan dari jawabannya. Jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan spasial sedang yaitu kesalahan transformasi,
viii
proses penyelesaian, dan kesalahan menentukan jawaban akhir. Pertama, pada kesalahan transformasi subjek langsung melakukan proses perhitungan tanpa menuliskan rumus terlebih dahulu yang digunakan untuk mencari tinggi tiang bendera dan panjang tali. Kedua, pada kesalahan proses penyelesaian subjek tidak teliti saat melakukan operasi hitung. Ketiga, pada kesalahan menentukan jawaban akhir subjek salah menentukan tinggi tiang bendera dan panjang tali dan tidak menuliskan kesimpulan akhir. Jenis kesalahan siswa yang dilakukan siswa berkemampuan spasial tinggi yaitu kesalahan transformasi, subjek tidak menuliskan rumus yang akan digunakan untuk mencari panjang garis tinggi segitiga dan panjang salah satu sisi pada segitiga yang sebangun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan spasial rendah lebih banyak melakukan kesalahan dibandingkan dengan siswa berkemampuan spasial sedang dan berkemampuan spasial tinggi. Kesalahan tersebut disebabkan karena siswa tidak mampu menyerap informasi dengan baik, minimnya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal, siswa tidak memahami materi secara tuntas, lemahnya kemampuan konsep prasyarat dan siswa kurang teliti saat mengerjakan.
Kata Kunci: jenis kesalahan, Prosedur Newman, kemampuan spasial

×
Penulis Utama : An Nur Ami Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851102003
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kesebangunan Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau dari Kemampuan Spasial (Penelitian Dilaksanakan di Kelas IX SMP Negeri 1 Paguyangan Kab. Brebes)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S.851102003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Dr. Mardiyana, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.