Penulis Utama : Prima Ayu Purwandari
NIM / NIP : K4212054
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan kemampuan menulis dua paragraf berhuruf Jawa siswa melalui penggunaan teknik peer correction serta penerapan media macromedia flash pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mojolaban tahun ajaran 2015/2016.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mojolaban yang berjumlah 31 orang siswa, dengan 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan  teknik analisis kritis, yang terdiri dari tiga alur yaitu, (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menerapkan teknik peer correction serta menggunakan media macromedia flash dalam pembelajaran menulis paragraf berhuruf Jawa dapat meningkatkan kualitas proses serta kualitas hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kualitas proses belajar pratindakan sebesar 12,90% siswa mencapai nilai dengan kategori baik, dan pada siklus I meningkat menjadi 51,6% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi sebesar 96,77% siswa mencapai nilai dengan kategori baik. Peningkatan pada kemampuan menulis dua paragraf berhuruf Jawa siswa pada saat pratindakan sebesar 45,16%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 74,2% dan pada siklus II menjadi 93,55%.

Kata Kunci: menulis huruf Jawa, teknik peer correction, macromedia flash.

×
Penulis Utama : Prima Ayu Purwandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212054
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Berhuruf Jawa Melalui Penerapan Teknik Peer Correction dan Penggunaan Media Macromedia Flash Siswa Kelas VIII B Semester II SMP Negeri 2 Mojolaban
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4212054-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M. Hum
2. Astiana Ajeng Rahadini, S. Pd., M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.