Penulis Utama : Sabila Nur Fatima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.3313092
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kinerja Keuangan dan Non Keuangan pada PT. Semen Indonesia (PERSERO), Tbk Periode 2012-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Akuntansi-F.3313092-2016
Subyek : KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kondisi perekonomian global yang tidak stabil sejak tahun 2008 memberikan pengaruh terhadap para pelaku bisnis di berbagai sektor industri. Kondisi perekonomian tersebut berdampak pada naiknya beban subsidi BBM sepanjang tahun 2014, menguatnya nilai tukar dollar AS, tingginya suku bunga kredit, serta laju inflasi yang tinggi. PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di sektor industri semen di Indonesia. Adanya kondisi perekonomian yang kurang kondusif tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Perseroan dalam mempertahankan kinerjanya ditambah dengan adanya intervensi harga yang dilakukan oleh pemerintah kepada perusahaan BUMN serta mulai diberlakukannya MEA per 1 Januari 2016.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk ditinjau dari segi keuangan dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan non keuangan melalui pengukuran terhadap operasi bisnis internal, karyawan, dan pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan Perseroan selama tahun 2012-2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama tahun 2012-2015 kinerja Perseroan cenderung mengalami penurunan dari segi keuangan apabila dilihat dari hasil analisis rasio solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas bahwa Perseroan kurang optimal dalam mengelola total aset yang dimilikinya dalam menciptakan penjualan, serta tingginya beban operasional Perseroan sedangkan pada segi non keuangan, kinerja Perseroan dapat dikatakan baik. Hal ini dikarenakan Perseroan tetap mampu menjadi market leader di sektor industri semen yaitu dengan pangsa pasar di atas 40% ditengah persaingan yang semakin ketat. Selain itu, Perseroan telah efektif dalam mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya yang dibuktikan dengan tingkat turnover karyawan yang rendah dari tahun ke tahun serta Perseroan berhasil menekan jumlah angka kecelakaan kerja dan mendekati zero accident.

Kata Kunci: Kinerja, Keuangan, Non Keuangan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
IMG_20161107_221222.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djuminah, M.Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis