Penulis Utama : Kiki Susilowati
NIM / NIP : K7412104
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X AK 2 di SMK Negeri 6 Sukoharjo melalui penerapan Think Pair Share (TPS) berbantu Macromedia Flash.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 6 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dengan guru mata pelajaran dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Keaktifan belajar siswa yang digunakan berdasarkan pada teori dari Sardiman (2004:101) yang mengukur lima indikator yaitu : (1) aktivitas visual (2) aktivitas lisan (3) aktivitas mendengarkan (4) aktivitas menulis, dan (5) aktivitas mental. Keaktifan siswa tersebut diamati oleh observer independen. Sedangkan prestasi belajar diukur dengan menggunakan tes untuk mengukur aspek pengetahuan atau kognitif. Prosedur penelitian meliputi tahap : (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan interprestasi, dan (4) analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Think Pair Share (TPS) berbantu Macromedia Flash dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase keaktifan dan presentase prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II. Pada siklus I keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 73,87%. Sedangkan persentase dari prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 41,94% dari 41,93% menjadi 83,87% dengan nilai rata-rata kelas 81,8. Kemudian pada siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 12,42% dari 73,87% menjadi 86,29%. Persentase dari prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,68% dari 83,87% menjadi 93,55% dengan nilai rata-rata kelas 87. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya beberapa upaya guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yaitu dengan membuat siswa lebih aktif dan menguasai materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Think Pair Share (TPS) berbantu Macromedia Flash dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X AK 2 SMK Negeri 6 Sukoharjo.
Kata Kunci : Keaktifan dan Prestasi Belajar, Think Pair Share, Macromedia Flash

×
Penulis Utama : Kiki Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412104
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Think Pair Share (TPS) Berbantu Macromedia Flash Kelas X Akuntansi 2 di SMK Negeri 6 Sukoharjo Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi-K.7412104-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, MM.
2. Elvia Ivada, SE, M.Si, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.