Penulis Utama : Arief Nurrahman Sejati
NIM / NIP : D0312013
×

PT. Senang Kharisma Textile merupakan salah satu perusahaan yang tergabung ke dalam SRITEX GROUP. Kebijakan kesejahteraan sosial perusahaan ini menginduk pada PT. Sri Rejeki Isman, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh pengupahan, jaminan sosial, dan fasilitas kesejahteraan buruh di perusahaan PT. Senang Kharisma Textile. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori peran buruh Eugene Schneider, teori eksploitasi Karl Marx, dan teori pertukaran George Homans. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari informan dan responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa perusahaan PT. Senang Kharisma Textile mewujudkan kesejahteraan sosial kepada buruhnya dengan pemberian upah, jaminan sosial, dan fasilitas kesejahteraan yang baik. Pengupahan disini telah memenuhi upah minimum kota Karanganyar 2016, sudah terstruktur, terdapat perlindungan upah, dan lainnya. Sedangkan jaminan sosial yang diberlakukan di perusahaan ini adalah BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Untuk fasilitas kesejahteraan perusahaan menyediakan kantin, poliklinik, transportasi, koperasi, dan sebagainya. Produktivitas buruh yang meningkat juga harus diikuti dengan peningkatan kesejahteraan sosial perusahaan.
Kata Kunci: Hubungan Kerja, Kesejahteraan Buruh, Perusahaan.

×
Penulis Utama : Arief Nurrahman Sejati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312013
Tahun : 2016
Judul : Peran Buruh dalam Kesejahteraan Sosial Perusahaan PT. Senang Kharisma Textile (Studi Kasus Kewajiban, Upah, Jaminan Sosial, dan Fasilitas Kesejahteraan Buruh di PT. Senang Kharisma Textile, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Sosiologi-D.0312013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mahendra Wijaya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.