Penulis Utama : Annisa Rizqiana Dewi
NIM / NIP : D0112006
×

Salah satu keberhasilan dari kinerja sebuah organisasi adalah dengan menerapkan budaya organisasi dan budaya tersebut menjadi sebuah panutan atau pedoman bagi anggota organisasi tersebut. Disini peneliti tertarik untuk mengamati budaya organisasi pada Dinas Tata Ruang Kota Surakarta karena organisasi ini merupakan organisasi publik nonprofit yang mana telah mencetak cukup banyak prestasi dalam kinerjanya. Apakah ada penerapan budaya organisasi di Dinas Tata Ruang Kota Surakarta.

            Penulis menggunakan ini menggunakan teori karakteristik budaya organisasi oleh Stephen Robbins (1994) yang meliputi (1) inisiatif individu, (2) integrasi, (3) dukungan manajemen, (4) identitas, (5) pola komunikasi.

Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian Dinas Tata Ruang Kota Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dengan sumber data informan, peristiwa, arsip. Teknik pengambilan sampling secara purposional dan snowball. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Tata Ruang Kota mayoritas sudah melaksanakan adanya penerapan budaya organisasi, contohnya mereka selalu menumbuhkan passion baru terhadap pekerjaannya karena Dinas Tata Ruang Kota merupakan suatu SKPD. Kerjasama teamwork menjadi modal utama bekerja dalam dinas ini. Begitu pula dengan dukungan manajemen yang mana mampu merangsang individu untuk mengutarakan ide atau inisiatif dengan pola komunikasi yang santai tapi santun. Namun terdapat kelemahan dari dinas ini bahwa atasan terlalu sering menyerahkan tugas pada bawahan.

Kata Kunci: Organisasi Publik, Budaya Organisasi, Dinas Tata Ruang Kota Surakarta

×
Penulis Utama : Annisa Rizqiana Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112006
Tahun : 2016
Judul : Analisis Penerapan Budaya Organisasi Dinas Tata Ruang Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.