Penulis Utama : Indra Muhamad
NIM / NIP : D1213039
×

Teknologi yang semakin berkembang pesat begitu juga dengan berbagai media sosial yang sekarang ramai digunakan oleh masyarakat. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah twitter. Melihat banyaknya pengguna twitter, akhirnya banyak media massa yang menggunakan twitter untuk menjaring minat masyarakat untuk mendengarkan radio. Dengan twitter, radio berharap bisa menjaring pendengarnya di dunia internet. Solo Radio adalah salah satu media massa yang memanfaatkan twitter untuk menjaring para pendengarnya. Saat ini Solo Radio memiliki 68.256 followers dan berharap seluruh followers adalah pendengarnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah twitter Solo Radio memiliki pengaruh terhadap minat followers untuk mendengarkan Solo Radio. Apakah ada perbedaan dari sebelum mereka follow dan setelah mereka follow. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksplanatif Komparatif yang berarti peneliti membandingkan variabel satu yaitu Twitter @solo_radio dengan variabel kedua yaitu minat mendengarkan Solo Radio. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 dari followers Solo Radio dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan mulai dari wawancara dengan pihak Solo Radio dan menyebarkan kuisioner kepada followers twitter @solo_radio.

Setelah menggunakan SPSS 16.0 dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa twitter dapat menambah minat dari followers untuk mendengarkan Solo Radio. Karena dilihat dari interpretasi hasil  jumlah skor setelah follow @solo_radio lebih besar dari sebelum follow @solo_radio yaitu dengan skor 31,1226 dan 24,9434. Banyak faktor yang membuat para followers ingin mendengarkan Solo Radio. Faktor tersebut adalah penyiar, musik-musik yang up to date, program-program dan topik-topik yang sedang dibahas di Solo Radio.  

Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum, media sosial itu memiliki pengaruh terhadap perkembangan sebuah media massa. Media massa harus bisa memanfaatkan kemunculan media sosial ini agar media massa seperti radio bisa terus bertahan dan tetap bisa memberikan informasi kepada masyarakat.

 Kata kunci     :           Twitter, Followers, Solo Radio, Minat Mendengarkan Radio

×
Penulis Utama : Indra Muhamad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213039
Tahun : 2016
Judul : Isi Twitter @Solo_Radio dan Minat Followers Untuk Mendengarkan Solo Radio (Studi Eksplanatif Komparatif Pengaruh Twitter @solo_radio terhadap Minat Followers Untuk Mendengarkan Solo Radio)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1213039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.