Penulis Utama : Ardhiana Iffa Farida
NIM / NIP : S831408005
×

Penelitian yang didesain merupakan Research and Development (R&D) yang mengacu model Borg dan Gall (1983). Responden dalam penelitian ini terdiri dari empat guru Biologi SMA dan 109 peserta didik SMA kelas X dari dua SMA di Kota Surakarta dan dua SMA di Sragen. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, tes, lembar observasi, lembar validasi, lembar penilaian RPP, lembar keterlaksanaan sintaks LoI, dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dalam bentuk persentase, nilai gain, uji t berpasangan, dan uji anacova.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) karakteristik IMTB, yaitu berbasis model LoI, sebagai sumber referensi model pembelajaran inkuiri, berorientasi pada tujuan untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis, memiliki prinsip less is more, mudah dipahami dan sistematis, membantu guru dalam merencanakan dan menerapkan LoI, dan berorientasi pada aktivitas peserta didik; (2) para ahli menyimpulkan bahwa IMTB layak berdasarkan komponen materi dan pembelajaran, instrumen evaluasi, tata bahasa, dan kegrafikan. Praktisi pendidikan menyimpulkan bahwa IMTB layak dengan predikat bagus; (3) keefektifan IMTB terdiri dari ketercapaian pembuatan RPP bagi guru biologi pada mata materi ekosistem berdasarkan IMTB sebesar 89,92% dan tergolong kategori sangat baik; ada perbedaan signifikan nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik antara pretes dan postes; terdapat peningkatan jumlah peserta didik pada kelompok kemampuan berpikir kritis sedang dan tinggi; peningkatan setiap aspek kemampuan berpiki kritis dengan N-gain sebesar 0,5 berkategori sedang; ada pengaruh profil guru dalam mengajar dengan menggunakan IMTB terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Kata kunci: Inquiry Manual Teaching Book, Kemampuan Berpikir Kritis,  Biologi.

×
Penulis Utama : Ardhiana Iffa Farida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831408005
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Inquiry Manual Teaching Book pada Materi Ekosistem Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Sains-S.831408005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S. P.,M. Si., Ed. D.
2. Puguh Karyanto, S. Si., M. Si., Ph. D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.