Penulis Utama : Desy Nugrahani
NIM / NIP : K4310013
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem saraf dan sistem indra.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Tiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaksif (Miles & Huberman) yang terdiri dari empat komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Target capaian terjadi kenaikan ≥ 20 % tiap aspek kemampuan berpikir kritis.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi sistem saraf dan sistem indra pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta. Hasil peningkatan diperoleh dari 6 aspek kemampuan berpikir kritis yang diukur yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, penjelasan, kesimpulan, dan pengaturan diri. Pada aspek Interpretasi terjadi peningkatan dari 52,03 % menjadi 81,02 %, aspek analisis terjadi peningkatan dari 35,14% menjadi 63,85%, aspek evaluasi terjadi peningkatan dari 27,70% menjadi 65,30%, aspek penjelasan dari 41,22% menjadi 89,53%, aspek kesimpulan terjadi peningkatan dari 33,11% menjadi 63,27%, dan aspek pengaturan diri terjadi peningkatan dari 51,35% menjadi 87,16 %. Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II target capaian telah terpenuhi mencapai ≥ 20%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem saraf dan sistem indra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Batik 1 Surakarta.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan berpikir kritis, SMA Batik 1 Surakarta

×
Penulis Utama : Desy Nugrahani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4310013
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Saraf dan Sistem Indra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Batik 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K.4310013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.,
2. Joko Ariyanto, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.