Penulis Utama : Mar’atul Hanifah
NIM / NIP : K2212048
×

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui sejauh mana Numbered Heads Together (NHT) teknk dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. (2) untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi ketika Numbered Head Together diterapkan di dalam penelitian ini.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Terdapat 3 pertemuan dalam siklus pertama dan 2 pertemuan dalam siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari 4 langkah: perencanaan, melaksanaan, pengamatan, dan peninjauan kembali. Data dikumpulkan menggunakan teknik kualitatif (pengamatan, wawancara, diari, lembar pengamatan aktivitas siswa dan analisa dokumen) dan teknik kuantitatif (pre-test dan post-test). Data kualitatif dianalisa Kemenggunakan descriptif statistik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan Numbered Head Together dapat meningkatkan keterlibatan siswa di dalam pembelajaran bahasa Inggris. Keterlibatan siswa meningkat seiring dengan aktivitas siswa yang semakin terlibat dalam pembelajaran. Keterlibatan siswa yang meningkat memberikan dampak positif pada  peningkatan nilai nilai menulis yakni dari nilai rata-rata di tes pertama lebih meningkat daripada nilai di awal tes. Nilai rata-rata dapat meningkat dari 61,5 di awal tes, 69,4 di tes pertama dan di akhir tes menjadi 75,8(2) Kesulitan yang dihadapi ketika Numbered Head Together diterapkan di dalam penelitian ini, diantaranya: a) Tidak semua siswa memiliki keinginan untuk memakai bandana nomor di kepala mereka; b) Tidak semua siswa menerima pembagian kelompok yang dibentuk oleh guru, mereka ingin memilih sendiri anggota kelompoknya; c) Siswa yang pintar mendominasi kelompok sehingga membuat siswa lain minder; d) Beberapa siswa malas dan bergantung pada siswa yang pintar untuk menyelesaikan tugas; and e) beberapa siswa membutuhkan waktu yang lama untuk pindah dari tempat duduknya, mencari teman kelompoknya, dan menyusun meja kursi untuk mempermudah diskusi.

Dari hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa Numbered Head Together dapat digunakan sebagai alternatif teknik pengajaran membawa kebaikan dalam nilai siswa proses pembelajaran. Sangat disarankan untuk menerapkan Numbered Head Together untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Numbered Head Together, student engagement, writing skill

×
Penulis Utama : Mar’atul Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2212048
Tahun : 2016
Judul : Improving Student Engagement In Writing Using Numbered Head Together (NHT) (A Classroom Action Research in Class VIII B of SMP NEGERI 16 Surakarta in Academic Year of 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K.2212048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Asrori, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.