Penulis Utama : Janu Ayu Alfannisa
NIM / NIP : D1214041
×

Masyarakat bisa melihat dan memilih beraneka ragam tayangan dan program yang sudah dikemas dan siap untuk ditonton di televisi. Salah satu program televisi yang sangat sering tayang di stasiun televisi adalah program sinetron. Sinetron merupakan salah satu acara yang diangap oleh stasiun televisi sebagai acara yang disukai penonton.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian survei untuk mengetahui pandangan kaum muda terhadap sinetron di televisi swasta RCTI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kaum muda atau remaja di Kota Surakarta, dan sampel penelitian yaitu siswa siswi SMA Warga Surakarta. Besar sampel yang dibutuhkan di tentukan dengan menggunakan rumus Slovin adalah 79 sampel. Besar sampel 79 orang dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas 10 dan kelas 11.

Berdasarkan hasil penelitian RCTI sudah memenuhi fungsi media massa yang di termuat dalam pasal 4 UU No. 32: Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat,kontrol dan perekat sosial. Sinetron di RCTI juga dapat dikatakan sebagai program fiksi yang termasuk dalam kategori hiburan. 

Kata Kunci: Televisi, dan sinetron.

×
Penulis Utama : Janu Ayu Alfannisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214041
Tahun : 2016
Judul : Pandangan Kaum Muda Terhadap Televisi Swasta (Pandangan Siswa Siswi SMA Warga Surakarta Terhadap Program Sinetron Di Televisi Swasta RCTI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi -D.1214041-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mursito BM., S.U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.