Penulis Utama : Nofrian Syafii
NIM / NIP : A121408006
×

Mencapai prestasi olahraga tidak dapat dilakukan dengan instan, harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Faktor-faktor penentu prestasi antara lain aspek biologis, psikologis, lingkungan dan dan aspek penunjang. Mengerucut pada aspek biologis yang meliputi kemampuan fisik dan anthropometri. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang kemampuan kemampuan fisik dan anthropometri dalam memprediksi prestasi lari 400 meter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode Penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah atlet PASI provinsi riau, jumlah sampel 57 atlet. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu kemampuan fisik yang meliputi kecepatan reaksi, power otot tungkai, daya tahan dan anthropometri yang meliputi panjang tungkai dan panjang telapak kaki. Satu variabel terikat yaitu prestasi lari 400 meter. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika faktor kemampuan fisik secara bersamaan memprediksi prestasi lari 400 meter, maka akan terjadi penurunan waktu tempuh lari 400 meter sebesar 2,044 detik untuk setiap penurunan satu detik pengukuran kecepatan reaksi, penurunan sebesar 0,397 detik setiap peningkatan satu sentimeter pengukuran power otot tungkai, dan akan terjadi penurunan sebesar 0,375 detik setiap penurunan satu detik pengukuran daya tahan. Ketika faktor anthropometri secara bersamaan memprediksi prestasi lari 400 meter, maka akan terjadi penurunan waktu tempuh lari 400 meter sebesar 0,196 detik untuk satu sentimeter peningkatan panjang tungkai, dan akan terjadi penurunan sebesar 1,213 detik untuk satu sentimeter peningkatan panjang telapak kaki.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kemampuan fisik dan anthropometri memiliki hubungan dan dapat memprediksi prestasi lari 400 meter.
Kata kunci : kemampuan fisik, anthropometri, prediksi lari 400 meter

×
Penulis Utama : Nofrian Syafii
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408006
Tahun : 2016
Judul : Prediksi Prestasi Lari 400 Meter Ditinjau dari Kemampuan Fisik dan Anthropometri (Studi Korelasional Kecepatan Reaksi, Power Otot Tungkai, Daya Tahan, Panjang Tungkai, dan Panjang Telapak Kaki pada Atlet PASI Provinsi Riau)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Keolahragaan-121408006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.