Penulis Utama : Waskito Budi Nugroho
NIM / NIP : A121408038
×

Latar belakang kebijakan pemerintah daerah tentang pembinaan sumber daya manusia bidang olahraga prestasi merupakan dasar dari setiap pelaku olahraga untuk senantiasa meningkatkan prestasinya. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan kebijakan dan implementasi kebijakan mengenai pembinaan atlet, pelatih dan pengurus organisasi olahraga. 

Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian kebijakan pemerintah daerah kabupaten Sukoharjo tentang pembinaan sumber daya manusia bidang olahraga prestasi. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen tentang kebijakan olahraga, observasi, dan hasil wawancara dengan Bupati Sukoharjo, Kasi Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (POPK) Kabupaten Sukoharjo, Ketua Umum KONI Kabupaten Sukoharjo, Ketua dan Pengurus Pengkab Cabang Olahraga, Pelatih Olahraga Prestasi Unggulan Sukoharjo dan Atlet Olahraga Prestasi Unggulan Sukoharjo.

Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut: 1). Pembinaan Atlet a) Pemassalan olahraga dilakukan melalui berbagai cara yaitu melalui pembelajaran penjasorkes, menyelenggarakan car free day setiap hari minggu pagi, melalui klub-klub olahraga di bawah KONI, menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidang olahraga berupa atlet dan pelatih, menyelenggarakan berbagai macam pertandingan olahraga. b).Pembibitan atlet yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo dengan rutin menggelar Porkab, O2SN dan sejumlah kejuaraan tunggal lainnya seperti Bupati Cup serta Kapolres Cup, c).Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melakukan pembinaan prestasi dengan jalan memberikan penghargaan kepada atlet berprestasi, penyediaan sarana prasarana olahraga, mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM keolahragaan, memberikan bantuan dana untuk klub-klub olahraga, dan mengadakan puslatkab selama 2 bulan sebelum ajang PORPROV digelar, 2). Pembinaan Pelatih. Ketersediaan pelatih olahraga prestasi unggulan di Kabupaten Sukoharjo cukup memadai, dengan pengalaman para pelatih olahraga unggulan kabupaten Sukoharjo melatih di tingkat Provinsi maupun Nasional dapat menjadikan modal baik guna menerapkan program latihan bagi atlet di kabupaten Sukoharjo. Kaderisasi pelatih juga perlu diperhatikan, dengan mendorong atlet olahraga unggulan yang sudah berpengalaman dan sudah melewati puncak prestasi yang selanjutnya diarahkan untuk mencadi pelatih olahraga sesuai cabang olahraga masing-masing. 3). Pengurus organisasi olahraga di kabupaten Sukoharjo sudah berjalan dengan baik, dapat dibuktikan dengan terselenggaranya Musorcab KONI Kabupaten Sukoharjo sesuai jadwal ditahun 2015. Itu semua dapat menjadikan arah koordinasi antara pengurus cabang olahraga dan KONI Kabupaten Sukoharjo berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Kebijakan Pemerintah, Sumber Daya Manusia, Olahraga Prestasi.

×
Penulis Utama : Waskito Budi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408038
Tahun : 2016
Judul : Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pembinaan Sumber Daya Manusia Bidang Olahraga Prestasi (Studi Deskriptif Tentang Pembinaan Atlet, Pelatih, dan Pengurus Organisasi Olahraga di Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Keolahragaan-A.1214080383-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.