Penulis Utama : Ridho Akhya Fadilah
NIM / NIP : K2512060
×

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui efek penggunaan variasi model knalpot free flow dan busi racing terhadap torsi dan daya sepeda motor Supra X 125D. (2) Mengetahui efek penggunaan variasi model knalpot free flow dan busi racing terhadap tingkat kebisingan sepeda motor Supra X 125D.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah sepeda motor Supra X 125D yang menggunakan komponen knalpot serta busi yang standar. Data diperoleh dari pengukuran torsi, daya dan tingkat kebisingan yang menggunakan alat Sportdyno V3.3 serta Sound Level Meter dengan melakukan perlakuan penggantian model knalpot freeflow serta busi racingyang dibandingkan dengan kondisi standar.

 Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh penggunaan knalpot standar dan busi racing terhadap torsi sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi penurunan sebesar 2,6%. (2) Terdapat pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi standar terhadap torsi sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi penurunan sebesar 0,62%. (3) Terdapat pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi racing terhadap torsi sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi penurunan sebesar 0,17%. (4) Tidak terdapat pengaruh penggunaan knalpot standar dan busi racing terhadap daya sepeda motor Supra X 125D yang artinya tidak terjadi penurunan dan kenaikan daya. (5) Terdapat pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi standar terhadap daya sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi kenaikan sebesar 5,82%. (6) Terdapat pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi racing terhadap daya sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi kenaikan sebesar 6,59%. (7) Ada pengaruh penggunaan knalpot standar dan busi racing terhadap tingkat kebisingan sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi penurunan sebesar 0,63%. (8) Ada pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi standar terhadap tingkat kebisingan sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi kenaikan sebesar 14,79%. (9) Ada pengaruh penggunaan knalpot free flow dan busi racing terhadap tingkat kebisingan sepeda motor Supra X 125D yaitu terjadi kenaikan sebesar 15,63%.

Kata Kunci : knalpot, busi, torsi, daya, tingkat kebisingan, Supra X 125D 125cc

×
Penulis Utama : Ridho Akhya Fadilah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512060
Tahun : 2016
Judul : Analisis Penggunaan Knalpot Model Free Flow dan Busi Racing Terhadap Torsi, Daya dan Tingkat Kebisingan Sepeda Motor 4 Langkah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin -K.2512060-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Basori, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.