Penulis Utama : Arga Hartantyadhi Pratama
NIM / NIP : K2512019
×

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menyelidiki pengaruh penambahan biodiesel dalam solar pada bahan bakar solar terhadap konsumsi bahan bakar mesin Diesel Mitsubishi L300. (2) Menyelidiki pengaruh pemanasan bahan bakar solar melalui pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar pada mesin Diesel Mitsubishi L300. (3) Menyelidiki pengaruh bersama dari penambahan biodiesel dalam solar dan pemanasan bahan bakar solar melalui pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar solar pada mesin Diesel Mitsubishi L300.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah mesin Diesel Mitsubishi 4 silinder tipe L300. Data diperoleh dari pengukuran konsumsi bahan bakar mesin Diesel Mitsubishi L300 dengan variasi campuran biodiesel 0 %, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%, disertai dengan variasi tanpa pemanasan, pemanasan pipa tanpa sirip, pemanasan pipa bersirip dengan variasi antar sirip 2 ulir spiral, 4 ulir spiral, 6 ulir spiral dan sirip tegak lurus.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh penambahan biodiesel dalam bahan bakar solar pada mesin Diesel Mitsubishi L300. Variasi penambahan biodiesel dan pemanasan bahan bakar dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang paling hemat yaitu, saat penambahan kadar biodiesel 20% sebesar 9,965 ml/menit tiap siklus. Selisih konsumsinya 0,686 ml/menit atau sebesar 6,44% dari konsumsi standar. (2) Ada pengaruh penggunaan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Diesel Mitsubishi L300. Penurunan konsumsi terbesar pada pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip spiral dengan variasi sirip 6 ulir spiral tanpa campuran biodiesel atau 0% biodiesel : 100% solar. (3) Ada pengaruh penambahan biodiesel dan pemanasan bahan bakar menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Diesel Mitsubishi L300. Penurunan terbesar konsumsi bahan bakar terbesar pada kadar 20% biodiesel : 80% solar dan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa dengan variasi antar sirip 6 ulir spiral sebesar 9,331 ml/menit tiap siklus. Penurunan konsumsinya sebesar 1,320 ml/menit atau sebesar 12,393% dari konsumsi standar.
Kata kunci : pemanasan bahan bakar, pipa bersirip spiral, biodiesel, konsumsi bahan bakar, upper tank radiator

×
Penulis Utama : Arga Hartantyadhi Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512019
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penambahan Biodiesel pada Bahan Bakar Solar dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Spiral di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mesin Diesel Mitsubishi L300
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.