Penulis Utama : Atiek Zulfah Laila
NIM / NIP : K7112039
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV). (2) Memaparkan penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV) yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang berupa kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa keterampilan menulis deskriptif meningkat melalui Model Pembelajaran AIR-MAV pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Peningkatkan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas pada setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi sebesar 54,11 dengan ketuntasan klasikal 26,47% atau sebanyak 9 siswa dari 34 siswa dianggap tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi sebesar 66,82 dengan ketuntasan klasikal 55,88% atau sebanyak 19 siswa dari 34 siswa tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 75,64 dengan ketuntasan klasikal 88,23% atau sebanyak 30 siswa dari 34 siswa tuntas.
Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) keterampilan menulis deskripsi dapat meningkat melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dengan Media Audio Visual (AIR-MAV); dan (2) penerapan model pembelajaran AIR-MAV dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: keterampilan menulis, deskripsi, Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition, Media Audio Visual

×
Penulis Utama : Atiek Zulfah Laila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112039
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Dengan Media Audio Visual (Air-Mav) Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi (Pada Siswa Kelas IV SD Djama’atul Ichwan Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukarno, M. Pd.
2. Drs. Muhammad Ismail S., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.